Rabu, 03 Januari 2018

INILAH ALASAN, AMPOK JAGUNG SEBAGAI PENGGANTI NASI PUTIH


Makanan pokok masyarakat Indonesia ialah nasi yang berasal dari beras dengan melalui proses pematangan hingga menjadi nasi yang siap disantap. Banyak pula orang yang tetap kurang pas rasanya jika tidak memakan nasi, mereka bilang “kalua tidak makan nasi berarti belum makan.” Meskipun perut sudah terasa agak kenyang.

Tapi sebenarnya ada pengganti nasi yang lebih komplit kandungan nutrisinya. Lebih banyak gizi dan serat yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh manusia. Yaitu nasi jagung, kenapa kok bisa nasi jagung menjadi alternatif pengganti nasi putih yang sudah sekian lamanya menjadi makanan pokok orang Indonesia? Hal itu dikarenakan kandungan nutrisi yang ada dalam nasi jagung ini lebih banyak dan tidak berbahaya bagi orang pengidap penyakit diabetes.

Didalam nasi jagung atau ampok ini memiliki kandungan:
-          Energi (150,00kal)
-          Protein (1,600gr)
-          Lemak (0,60gr)
-          Karbohidrat (11,40gr)
-          Kalsium (2,00mg)
-          Fosfor (47,00mg)
-          Serat (0,40g)
-          Besi (0,30mg)
-          Niacino (60mg)
-          Vit A (30,0re)
-          Vit B1 (0,07mg)
-          Vit B2 (0,04mg)
-          Vit C (3,00mg)

Kandungan tersebut sangat berfungsi untuk membentuk energi dalam tubuh untuk aktivitas sehari-hari serta karena kaya akan serat yang selalu dibutuhkan untuk tubuh manusia maka nasi jagung juga dapat menurunkan resiko kanker yang berpotensi tinggi menyerang tubuh kita. Kandungan fosfornya juga dapat menunjang dalam pembentukan serta pertumbuhan tulang, maka ampok jagung sangat bermanfaat jika dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan serta orang tua yang sedang mengalami pengeroposan tulang agar tulangnya selalu kuat meskipun dalam kondisi usia tua yang biasanya sudah tidak mampu melakukan pekerjaan berat.

Sebagai penawar penyakit diabetes
Nasi putih yang memiliki banyak gizi dan lebih komplit daripada nasi putih saja, kini sudah mulai tersebar disegala kalangan masyarakat. Sedikit demi sedikit sudah mulai paham tentang betapa pentingnya nasi jagung sebagai pengganti nasi putih. Setidaknya dalam seminggu harus ada makanan nasi jagung agar menghindari penumpukan glukosa dalam tubuh yang berpotensi timbulnya penyakit diabetes yangmana penyakit itu sangat berbahaya sehingga beresiko kematian.

Melancarkan pencernaan dan membantu proses diet lebih efisien

Kandungan gula yang terdapat pada nasi jagung tidak tinggi namun tinggi serat sehingga tidak ada resiko banyak penyakit yang akan datang, justru karena banyak serat maka proses pencernaan akan lancar dalam membuang kotoran, kelancaran pencernaan juga sangat penting agar menjaga kestabilan sirkulasi makanan yang ada dalam tubuh. Selain itu serat juga berfungsi menongontrol berat tubuh manusia, sehingga mampu digunakan alternatif diet juga bagi wanita yang ingin menjaga tubuhnya agar tidak terlalu gemuk. Untuk itu kurangi makan nasi putih saja, namun gunakan nasi jagung ketika proses diet, perut tidak akan merasa kelaparan tapi kasiat yang dimiliki malah menunjang proses diet lebih efisien. 

Komplit sekali kegunaan nasi jagung atau ampok baik itu dikonsumsi oleh anak-anak, remaja, orang dewasa, dan bahkan manula sekalipun, tetap terjaga keamanannya. Selain itu ampok jagung juga diolah dengan baik menggunakan teknologi canggih sehingga terjaga kebersihan serta keamanannya. Tidak ada lagi alasan untuk tetap bimbang ketika hendak mengkonsumsi ampok jagung.