Minggu, 28 Januari 2018

PENGARUH RASA DAN HARGA PENJUALAN MAKANAN PADA KONSUMEN


Sebenarnya orang-orang yang sudah mencintai sebuah makanan tertentu maka apapun akan dilakukannya dengan segenap kemampuannya untuk mendapatkan sebuah hidangan satu porsi makanan yang ia sukai. Bukan begitu? Nah hal ini bisa diungkapkan bahwa jika orang sudah memiliki perasaan suka terhadap suatu makanan tertentu, maka ia tidak akan peduli aapun lagi karena ia sudah sangat ingin sekali mencicipinya. Serasa dihipnotis untuk bisa merasakan kelezatan rasa makanan yang ia inginkan.

Sangat mendasar bahawa untuk membuat sebuah produk makanan yang terpenting ialah membangun sebuah rasa yang unik untuk membuat sebuah ciri khas dari produk makanan tersebut, lalu selanjutnya membuat rasa yang disukai oleh banyak orang agar produk itu bisa laku keras dipasaran. Masalah harga bisa menentukan harga sendiri, maksudnya tidak perlu bingung untuk memikirkan harga berapa yang pantaas untuk produk makanan tersebut, karena jika orang sudah menaruh perasaan suka terhadap makanan tersebut maka tidak ada kata selain harus meiliki dan dapat merasakannya.

Rasa makanan lebih dicari orang tanpa peduli harganya

Kebanyakan orang diluar sana dapat dinilai jika mereka lebih memntingkan rasa dari pada harganya, hal ini dapat diarik kesimpulan bahwa yang terpenting dalam sebuah produk makanan adalah rasa (taste) sehingga dapat membuat orang lain merasa kangen jika mereka tidak makan produk tersebut. Memang hal ini bisa dibenarkan karena sudah banyak bukti orang akan mencari makanan yang disukainya kemanapun tempatnya dan berapapun harganya. Setiap orang yang sudah memiliki rasa suka terhadap suatu produk makanan maka akan selalu mencarinya untuk merasakan sebuah rasa yang pernah mereka rasakan sebelumnya atau yang membuat mereka tertarik untuk merasakannya.

Tidak peduli porsi kecil yang penting rasa dan variannya

Masalah takaran dalam sajian atau disebut dengan porsi, bukan masalah intim. Karena yang dicari bukanlah kenyang atau banyaknya hidangan dalam sebuah sajian, tapi rasa yang ada pada makanan tersebut. Konsumen akan merasa puas dengan bisa merasakan makanan yang mereka cari. Setalah mereka mendapatkan sensasi rasa yang nikmat dalam lidahnya, maka mereka akan terpuaskan dan tidak mempersoalkan makanan tersebut seberapa banyak. Mereka akan menyadari kalau memang makanan itu ya segitu porsinya dan itu memang disengaja untuk membuat daya tarik tersendiri sehingga orang akan mencarinya lagi karena rasa yang unik dan bentuk yang mudah dihafal oleh kebanyakan orang. Jadi bukan masalah pada porsinya, namun pada rasa yang ada pada makanan tersebutlah yang akan membuat banyak orang kembali lagi dan lagi untuk merasakan makanan yang mereka sukai.

Gengsi juga menunjang untuk melupakan harga

Kekuatan dalam gengsi juga sangat berpengaruh terhadap sebuah minat orang untuk datang kembali dalam sebuah meja hidangan yang ada di kedai kita atau restoran. Karena desain yang menarik dan memiliki sebuah kemewahan tersendiri dan tidak dimiliki oleh kedai lain juga bisa membuat daya tarik minat untuk mampir sehingga mereka akan merasakan makanan yang kita sediakan dalam keadi tersebut. Namun perlu digaris bawahi bahwa gengsi saja sebenarnya belum cukup untuk menunjang kepuasan orang pada sebuah makanan yang mereka makan. Jadi rasa tetap harus diprioritaskan. Sehingga orang yang pernah datang akan berkesan bahwa tempatnya yang indah dan nyaman serta rasanya juga nyaman pula. Mengapa cafe yang ada di daerah perkotaan selalu menghiasinya dengan pernak-pernik lukisan serta beberapa aksesoris yang mewah serta unik dalam hal estetikanya, itu hanya untuk menarik banyak orang untuk merasakan gengsi yang kekinian serta mereka secara otomatis akan ikut merasakan nikmatnya hidangan yang disediakan.

Nah loo, sudah bisa dibayangkan ini, kalau rasa memiliki peranyang paling dominan dalam hal produk makanan. Apapun makanan itu harus memiliki rasa yang dapat memikat hati para konsumen setia yang selalu merasakan masakan kita. Rasa akan membuat kenangan dalam benak orang yang pernah merasakan masakan yang kita buat, sehingga mereka pasti akan mencarinya lagi dimanapun tempatnya.