Selasa, 20 Februari 2018

ATASI PENYEBAB ANEMIA DENGAN CARA YANG MUDAH DAN INSTAN


Anemia adalah penyakit yang sering dikenal dengan istilah kurang darah. Akibat dari anemia ini  adalah tubuh mengalami lemas, pusing berkunang – kunang dan terlihat pucat. Banyak orang yang mengalami anemia, namun sebagian besar juga orang tidak tahu apa penyebabnya. Lalu, kira – kira apa ya penyebabnya?

Penyebab anemia secara umum dibagi menjadi tiga kategori yaitu:
   1. Anemia disebabkan karena produksi sel darah merah yang berkurang atau menurun
   2. Anemia disebabkan karena kehilangan darah (pendarahan)
   3. Anemia disebabkan karena mudah rusaknya sel darah merah

Penyebab lain anemia:
1. Anemia karena pendarahan aktif
Ketika kita mengalami pendarahan atau mengeluarkan darah merah yang berlebihan, maka kita dapat mengalami anemia. Misalnya; pendarahan saat menstruasi berat, pendarahan karena luka atau mungkin pendarahan karena BAB berdarah. Hal itu dapat menyebabkan kita mengalami anemia.

2. Anemia karena kekurangan zat besi
Di dalam tubuh kita, sel darah merah memerlukan bahan baku dalam pembuatannya, dimana yang paling utama adalah zat besi. Zat besi mendapatkan peran penting pada struktur hemoglobin. Apabila asupan zat besi dalam tubuh kita terbatas, maka kita dapat mengalami anemia. Anemia karena kekurangan zat besi dapat terjadi pada orang yang sakit maag dan pendarahan kronis. Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab paling sering manusia mengalami anemia.

3. Anemia pada kehamilan
Pada saat kehamilan, jumlah cairan pada pembuluh darah akan meningkat dan menjadikan darah menjadi lebih encer sehingga menjadikan sel darah merah tidak dapat naik secara signifikan. Hal ini dapat menyebabkan kita mengalami anemia karena konsentrasi sel darah merah relatif rendah. Namun, penyebab anemia pada ibu hamil juga tidak terlepas kaitannya dengan zat besi.

4. Anemia pada gizi buruk
Kita perlu mengetahui bahwa zat besi, vitamin B12, folat serta vitamin dan mineral lainnya sangat diperlukan dalam produksi hemoglobin (Hb). Dan sel – sel darah merah. Apabila tubuh kita kekurangan salah satu dari mineral ataupun nutrisi tersebut dapat menyebabkan produksi sel darah merah menjadi tidak memadai. Dan apabila itu terjadi, maka kita akan mengalami anemia pernisiosa.

5. Anemia pada penyakit kronis
Anemia juga dapat dialami oleh orang yang mengalami penyakit berkepanjangan seperti kanker dan infeksi kronis. Bahkan wasir pun dapat menyebabkan kita mengalami anemia. Dan penyebabnya pun juga dikaitkan dengan zat besi juga.

Nah, anda sudah membacanya bukan, apa saja penyebab anemia? Ternyata, anemia sering disebabkan karena kekurangan zat besi. Bagaimana ya caranya kita mendapatkan zat besi yang cukup untuk tubuh kita agar tidak mengalami anemia?

Kita bisa mendapatkan asupan zat besi dari beberapa tumbuhan yag memilikinya seperti  jagung. Bahkan tidak hanya nutrisi zat besi saja yang kita dapat dari sebuah jagung. Namun, kita juga bisa mendapatkan nutisi lainnya seperti; vitamin B12, folat yang diperlukan tubuh kita untuk memproduksi sel darah merah.

Tapi, ribet ya kita mengkonsumsi jagungnya? harus kupas kulitnya, harus ini dan itu. Pokoknya ribet deh. Jangan dibuat ribet makanya, cari saja yang simpel dan instan. Jika ada yang simpel kenapa harus cari yang ribet? Tapi, tetap dengan yang tanpa bahan pengawet dan yang halal ya.