Kamis, 22 Februari 2018

JAUHKAN DAMPAK NEGATIF KEKURANGAN PROTEIN BAGI TUBUHMU


Anda perlu tahu betapa pentingnya protein untuk tubuh kita. Karena sangat berbahaya bagi tubuh kita jika tubuh kita kekurangan protein. Protein sendiri mempunyai peran penting bagi tubuh anda, diantaranya; jaringan tubuh, otot dan sistem kekebalan tubuh. protein juga membantu dalam pembuatan sel darah merah yang tugasnya mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.
Tahukah anda apa saja dampak yang disebabkan akibat kekurangan protein? Jika tidak, maka baca dengan teliti dibawah ini. Karena kami akan menyampaikan dampak apa saja yang akan disebabkan akibat kurangnya protein.

Gejala – Gejala Kekurangan Protein
Pentingnya protein untuk tubuh kita itu memang perlu diingat. Namun, jika mengalami hal – hal seperti berikut, itu bisa dikatakan kalau tubuh anda mengalami gejala kekurangan protein. Gejala protein akan kita bahas dibawah ini:
1. Lemah otot dan sakit otot
2. Kulit kering dan ruam
3. Mudah lesu
4. Berat badan menurun
5. Gampang gelisah
6. Luka sukar menyembuh
7. Sakit kepala terus menerus
8. Perubahan mood
9. Depresi
10. Insomnia
11. Peningkatan retensi cairan, ditandai dengan bengkak pada kaki, perut bahkan seluruh tubuh (edema)

Akibat Kekurangan Protein
1. Rambut Rontok
Meski penyebab paling besar yang mengakibatkan rambut rontok adalah proses penuaan dan faktor genetic, namun kekurangan protein juga dapat menjadi penyebab rontoknya rambut. Hal ini disebabkan karena selama proses kekurangan protein, laju petumbuhan rambut akan melambat dan semakin banyak folikel rambut yang memasuki fase istirahat. Rambut yang tersisa akan menjadi lebih pendek dan berkurang jumlahnya atau menipis.

2. Gangguan Fungsi Otak Dan Kesehatan Mental
Apabila tubuh kia mengalami kekurangan protein akan memiliki jumlah asam amino yang rendah juga. Zat yang ada di dalam otak kita yang biasa disebut dengan neurotransmitter memerlukan 8 jenis asam amino yang berasal dari nutrisi makanan yang bersumber pada makanan yang mengandung protein yang tinggi, seperti; telur, susu dan daging. Asam amino sendiri diperlukan untuk pembentukan dopamine dan serotonin yang berkaitan dengan suasana hati seseorang. Apabila tubuh kita kekurangan dopamine dan serotonin maka dapat membuat suasana hati kita menurun dan dapat memicu kita untuk berperilku kasar juga.

3. Gagal Hati
Wah, jangan sampai ya kita mengalami penyakit ini. Karena penyakit ini adalah penyakit yang menyebabkan kerusakan dan kehilangan fungsi hati akibat ketidakmampuan sel hati untuk beregerasi. Dan penyakit ini juga termasuk penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya protein. Kenali juga ciri – cirinya seperti berikut; merasa mual, nafsu makan menghilang, sering mengalami lelah, pembengkakan pada perut, mengalami diare dan gampang memar bahkan berdarah.

4. Penyakit Jantung
Duh, kalau dengar penyakit ini mah, kita juga sudah merinding. Karena kalau menderita penyakit ini sangat berbahaya sekali. Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh kekurangan protein dalam tubuh, karena jika tubuh kita kekurangan protein, maka denyut jantung yang dihasilkan juga sangat rendah yaitu dibawah 60 kali denyutan dalam satu menit.

Sudah tahu kan apa akibatnya jika tubuh kita kekurangan protein. Jadi, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung protein yang tinggi, seperi daging sapi, kacang, biji-bijian, susu, dan banyak makanan lainnya yang bias kamu dapatkan dengan mudah.