Selasa, 13 Februari 2018

MAKANAN YANG MEMPERMUDAH UNTUK MENJAGA TULANG KUATMU


Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang itu sangat penting. Karena tulang yang rapuh akan menjadi masalah bagi tubuh kita. Namun, kita salah mengira selama ini. Kita fikir, kandungan yang penting untuk menguatkan tulang hanyalah kalsium. Ternyata, masih bnyak lagi gizi yang kita perlukan selain kalsium untuk menguatkan tulang kita. Kira – kira apa ya gizi yang perlu dikonsumsi selain kalsium untuk menguatkan tulang?  Bagaimana kita dapat mendapatkan mineral dan gizi yang dibutuhkan tulang selain kalsium? Yuk, kita simak dibawah ini!

Daftar Mineral dan Gizi yang Penting untuk Tulang Selain Kalsium

1. Fosfor
Fosfor adalah salah satu mineral penting dalam tubuh yang diperlukan oleh tulang. Tubuh yang kekurangan fosfor akan menghambat produksi garam kalsium yang pada akhirnya akan menyebabkan tulang menjadi lemak.

2. Potassium
Zat potassium dapat menurunkan resiko pengeroposan tulang dan mengembalikan kalsium ke tulang. Bukan hanya demikian, potassium juga dapat membantu menetralkan asam metabolisme yang diproduksi oleh tubuh dan melindungi tulang dari kerusakan.

3. Vitamin D
Vitamin D ini penting untuk kesehatan tulang sebab dapat membantu meningkatkan daya serap kalsium pada tubuh. Vitamin D juga memiliki kemampuan untuk mengatur tingkatan fosfor dan kalsium dalam hal pembentukan tulang agar komposisinya seimbang.

4. Magnesium
Magnesium adalah mineral yang dibutuhkan oleh tulang. Seperti yang dijelaskan diatas, vitamin D berfungsi baik untuk kesehatan tulang, hanya saja, jika ingin vitamin D bekerja dengan baik maka vitamin D juga membutuhkan magnesium. Dimana magnesium akan mengubah vitamin D menjadi bentuk aktif yang penting untuk dapat menyerap kalsium dengan baik.

5. Protein
Kekurangan protein dapat menyebabkan tulang menjadi keropos. Karena, protein yang tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang supaya kuat. Untuk itu, konsumsilah makanan yang mengandung protein untuk memperkuat tulang.

6. Kalium
Kalium juga berperan penting untuk membuat tulang menjadi kuat dan sehat, karena kalium juga dibutuhkan untuk kepadatan tulang. Apabila kekurangan kalium akan menyebabkan penurunan kepadatan tulang.

7. Vitamin K
Vitamin K juga berperan penting untuk memperkuat tulang. Karena vitamin K berperan dalam memproduksi protein yang diperlukan untuk mempertahankan kekuatan tulang dan mencegah penumpukan kalsium di tempat yang salah.

Cara Mendapatkan Mineral dan Gizi yang Dibutuhkan Tulang

Untuk mendapatkan protein dapat didapatkan dengan mengkonsumsi makanan laut, putih telur, susu, keju dll. Lalu, untuk mendapatkan vitamin D bisa didapatkan dari kuning telur, yogurt dll. Kalium, bersumber dari sayuran dan buah seperti melon, pepaya, pisang, alpukat dsb. Bagaimana dengan vitamin K? Vitamin K itu bisa didapatkan dari sayuran seperti kubis dan brokoli. Untuk mendapatkan manfaat magnesium dapat mengkonsumsi kacang mete, tempe, ubi jalar, gandum, biji wijen dan biji-bijian lainnya.

Namun, ada cara instan yang dapat dilakukan tanpa memakan banyak seperti yang dijelaskan diatas. Karena, cukup dengan nasi ampok so pyur pun kalian akan mendapatkan mineral dan gizi tersebut. Karena, Nasi Ampok So Pyur adalah makanan yang bahan dasarnya adalah jagung. Dan jagung memiliki kandungan diantaranya, fosfor, zat besi magnesium dan lainnya yang bisa membantu memperkuat tulang kita.

Selain itu, bukan hanya karena bahan dasarnya saja. Ampok So Pyur juga tinggi akan vitamin dan protein dan termasuk makanan instan yang bebas bahan pengawet. Ampok So Pyur pun mudah untuk membelinya. Karena itu, Ampok So Pyur sangat membantu anda untuk memperkuat tulang anda. Agar tetap sehat dan terus kuat untuk melakukan aktifitas.