Jumat, 09 Maret 2018

DAPATKAN BEBERAPA MANFAAT KETIKA KAU BERISTIRAHAT


Sering kali kebanyakan orang meremehkan istirahat dan memaksakan diri untuk tetap selalu beraktifitas. Padahal, tubuh kita juga butuh istirahat yang cukup untuk kekuatan daya tubuh kita. Tidak hanya itu, bahkan otak kita juga perlu untuk beristirahatan untuk menenangkan pikiran dan daya ingat kita.

Banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika kita dapat membagi waktu istirahat kita untuk mendapatkan waktu yang cukup. Dimana akan kita bahas dalam pembahasan berikut ini.

Manfaat Istirahat yang Cukup
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Sistem imun tubuh merupakan unsur kekebalan tubuh yang menghadang penyerangan virus pada tubuh. Pada waktu tidur alam akan dihasilkan hormon meletonin sebagai antioksidan yang menangkal bibit penyakit dan radikal bebas. Melatonin akan optimal diproduksi tubuh saat cahaya gelap sehingga, matikan lampu saat tidur agar produksi hormonnya meningkat.

2. Pertumbuhan badan
Istirahat dan tidur juga membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat. Tidur yang nyenyak memicu tubuh melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan normal pada anak-anak dan remaja. Hormon tersebut juga membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan, serta meningkatkan massa otot pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Selain itu, istirahat dan tidur juga memegang peranan dalam pubertas dan kesuburan.
3. Menjaga berat badan
Tahukah Anda jika kurang tidur ternyata juga bisa meningkatkan risiko obesitas pada remaja dan kelompok usia lainnya? Tidur memengaruhi tubuh dalam memroses dan menyimpan karbohidrat. Caranya dengan menjaga hormon yang membuat kita merasa lapar (ghrelin) atau kenyang (leptin) tetap seimbang. Jika kita tidak cukup tidur, hormon ghrelin akan naik sedangkan hormon leptin akan turun. Akibatnya, kita pun akan merasa kelaparan.

4. Mengoptimalkan Kemampuan Otak
Daya konsentrasi yang meningkat juga merupakan manfaat istirahat yang cukup karena pengaruhnya terhadap hormon kecerdasan otak yaitu noradrenalin dan serotonin. Ketika dua hormon ini jika menurun, maka konsentrasi anda juga akan menurun. Kedua hormon ini dipulihkan dengan tidur. Jika tidur anda terganggu malah hanya akan memperburuk kemampuan otak.

5. Mempertajam ingatan
Kurang istirahat dan tidur diduga bisa membuat kita cepat pikun. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur, otak kita memroses, memperkuat, dan menggabungkan ingatan kita dari sepanjang hari. Jika kurang tidur, ingatan-ingatan tersebut tidak bisa disimpan dengan benar dalam otak dan bisa hilang.

6. Tetap aktif di siang hari
Istirahat dan tidur yang cukup dan berkualitas membuat kita tetap aktif sepanjang hari. Kurang tidur hanya satu atau dua jam per malam saja sudah membuat tubuh kita seolah-olah tidak tidur sama sekali selama satu atau dua hari. Orang yang kekurangan tidur cenderung menjadi kurang produktif di sekolah atau tempat kerja. Mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas, bereaksi lebih lambat dan membuat lebih banyak kesalahan.

7. Waktu untuk toksin racun
Racun yang mungkin bisa terbawa masuk ke dalam makanan yang masuk dikonsumsi. Saat tidur merupakan waktu yang sangat tepat dan dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membuang racun. Proses pengeluaran racun ini terjadi pada waktu tidur malam pada waktu-waktu tertentu, sehingga jangan kacaukan waktu biologis tidur anda agar proses toksin ini tidak terganggu.

Untuk mendapatkan manfaat yang telah disebutkan diatas, maka anda dapat memnuhi anjuran atau waktu yang dibutuhkan untuk kita beristirahat. Dimana waktu yang disarankan adalah sebagai berikut:
Orang dewasa, 7-9 jam dalam sehari
Remaja 14-17 tahun, 8-10 jam dalam sehari
Anak 6-13 tahun, 9-11 jam dalam sehari
Balita 3-5 tahun, 10-13 jam dalam sehari