Minggu, 25 Maret 2018

INGIN GINJALMU SEHAT HINGGA TUA?? LAKUKAN TIPS INI MULAI SEKARANG


Ginjal pada tubuh kita adalah salah satu komponen penting yang perannya juga sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh kita. Karena itu, kita harus sering menjaga kesehatan ginjal kita. Untuk itu, kita akan membahas tips untuk menjaga kesehatan ginjal kita.

Tips menjaga kesehatan ginjal diantaranya adalah

1. Berolahraga secara rutin
Olahraga secara rutin sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. selain dapat membakar kalori, olahraga juga dapat melancarkan aliran darah dan suplai oksigen yang dibutuhkan oleh organ-organ tubuh. Dengan kondisi tubuh yang sehat, maka beban ginjal tidak akan menjadi berat, dan dapat terhindar dari resiko penyakit pada organ ginjal. Beberapa jenis olahraga ringan yang mudah dilakukan diantaranya; bersepeda, jogging, berjalan kaki, menaiki anak tangga, lompat tali dan Senam kesegaran jasmani.

2. Sering Mengonsumsi Air Putih
Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, oleh karena itu wajar bahwa air menjadi kebutuhan wajib. Konsumsi air yang cukup setiap hari dapat melancarkan proses metabolisme dalam tubuh, selain itu racun yang ada di dalam ginjal juga ikut tersaring. Untuk menjaga kesehatan organ ginjal anda diwajibkan paling tidak mengkonsumsi air minimal 8 gelas setiap harinya. Tentunya air yang dikonsumsi juga harus sudah dimasak agar terjaga kebersihannya.

3. Hindari penggunaan obat - obatan
Ketika anda merasakan sakit, seperti pusing yang sering terjadi, janganlah langsung meminum obat-obatan. Masuknya obat – obatan ke dalam tubuh akan sangat mengganggu kerja ginjal. Usahakan untuk mengkonsumsi tanaman herbal, seperti: Jahe, Kunyit, Lidah buaya dan tanaman obat lainnya.

4. Menjaga Kadar Gula Dalam Darah
Kadar gula yang terkandung dalam darah mempunyai hubungan yang sangat erat dengan kesehatan ginjal. Contohnya adalah seseorang yang menderita diabetes yang pada akhirnya juga memiliki masalah kesehatan pada ginjalnya. Oleh karena itu sangat penting bagi kita agar bisa menjaga kadar gula dalam darah dengan membatasi konsumsi makanan – makanan manis. Selain terhindar dari penyakit diabetes organ ginjal juga akan terjaga kesehatan nya.

5. Mengontrol berat badan
Berat badan harus dikontrol agar beban ginjal tidak berlebihan. Berat badan yang tidak dikontrol biasanya merupakan akibat dari tingginya kandungan lemak pada tubuh. Lemak pada tubuh dapat menghambat kinerja ginjal.

6. Rutin melakukan medical check up
Medical check up wajib hukumnya bagi anda agar dapat terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya adalah gangguan pada organ ginjal. Dengan melakukan medical check up, maka anda dapat mendeteksi secara dini apa yang terjadi pada organ – organ tubuh anda, apakah berfungsi normal atau tidak. Check up yang dilakukan untuk ginjal bisa menggunakan test darah atau USG, jadi sangat mudah.

7. Aktif Bergerak
Sering beraktifitas atau bergerak merupakan salah satu cara paling simpel untuk menjaga kesehatan ginjal. Kita sudah mengetahui bahwa orang yang sehari – hari kurang aktif bergerak atau cenderung bermalas – malasan akan lebih berpotensi menderita berbagai penyakit, termasuk salah satunya gangguan pada organ ginjal.

Diatas telah dijelaskan bebrapa cara yang dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan ginjal. Sayangi organ tubuh anda jika anda ingin hidup anda sehat. Jangan biarkan penyakit datang pada anda. Cegah dan basmi penyakit yang datang pada anda dengan pola hidup sehat.