Kamis, 01 Maret 2018

PORSI TEPAT NUTRISI DALAM TUBUH


Agar seluruh organ berfungsi maksimal, maka tubuh harus memiliki nutrisi yang tepat sehingga bahan untuk memaksimalkan fungsi organ tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, dan lain sebagainya dapat terpenuhui dengan baik. Ada beragam makanan didunia ini yang mengandung semua yang dibutuhkan tubuh sebenarnya, namun kebanyakan orang diluar sana masih ada yang belum mengetahui takaran nutrisi yang dibutuhkan setiap harinya. Nah.. loo siapa yang masih bingung setiap hari tubuh kita membutuhkan nutrisi seperti apa dan berapa banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita setiap harinya.

Kita akan mengulas semua secara ringkas disini. Nutrisi yang  dikonsumsi masyarakat juga bisa berakibat fatal jika tidak sesuai dengan porsi yang tepat. Terlalu banyak memasukkan nutrisi kedalam tubuh kita bisa berakibat pada penggemukan badan yang nantinya akan menyebabkan banyak sekali penyakit masuk kedalam tubuh kita. Beberapa nutrisi yang wajib ada dalam setiap harinya, yaitu:

1. Karbohidrat
Karbohidrat berperan penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia setiap hari, karena karbohidrat ini merupakan sumber energi bagi tubuh kita. Rata-rata setiap 1 gram karbohidrat akan menghasilkan 4 kalori. sedangkan kebutuhan rata-rata manusia akan kalori adalah sebanyak 1200-2000 kalori. Kalori yang diperoleh dari karbohidrat disarankan sebanyak 45%-60% dari seluruh kebutuhan kalori. Meski begitu, saat ini rata-rata masyarakat Indonesia mengkonsumsi 70%-80% karbohidrat. Sebenarnya sangat tidak baik jika mengkonusmsi karbohidrat yang berlebihan. Kelebihan mengkonsumsi karbohidrat yang tidak digunakan akan disimpan sebagai lemak.

2. Protein
Komponen ini merupakan kebutuhan penting juga karena protein berfungsi untuk pertumbuhan, penyembuh luka, regenerasi sel, menghasilkan enzim dan hormon, juga menjadi sumber energi bagi tubuh. Protein sendiri yang dibutuhkan untuk seriap harinya yaitu sebanyak 1 gram untuk setiap 1kg berat badan manusia, jadi semisal manusia memiliki berat badan 60 kg, maka sebanyak 60 gram protein yang dibutuhkan.

3. Lemak
Didalam tubuh selain yang disebutkan diatas juga ada lemak yang juga dibutuhkan adanya setiap hari. Lemak ini berfungsi melindungi organ tubuh, menjaga kesehaan kulit, menjaga suhu tubuh, dan melarutkan vitamin A, D, E, K. Setiap 1 gram lemak dapat menghasilkan sekitar 90 kalori, wow banyak juga yaa??? Lemak dibagi menjadi 2, lemak baik dan lemak jahat(lemak jenuh). Lemak baik biasanya berasal dari yang alami seperti kacang-kacangan yang mengandung asam omega 3 sehingga dapat mengjaga kesehatan jantung dan mencegah jantung koroner. Sedangkan lemak jenuh ialah lemak yang berasal dari jeroan, atau makanan yang digoreng sehingga akan menyebabkan banyaknya kolestrol dalam tubuh yang tidak baik buat kesehatan. Lemak yang dibutuhhkan dalam tubuh tidak lebih dari 35% dari total kalori harian yang masuk kedalam tubuh.

4. Serat
Kebutuhan akan serat dalam tubuh dapat difungsikan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Serat dapat didapatkan dari tumbuhan seperti buah apel, sirsak, pepaya, dan sebagainya atau dari sayuran seperti tauge, kangkung, kacang panjang, dan lain bagainya. Jadi makanan yang harus diknsumsi setiap harinya harus ada sauran dan buah sehingga kebutuhan serat dalam tubuh kita akan terpenuhi dengan baik.

Sudah diketahui semuanya sekarang, tinggal prakteknya kita bisa atau tidak menjaga kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita. Semoga bermanfaat yaaa.