Kamis, 05 April 2018

MANFAATKAN LIBURAN MENJADI WAKTU YANG MENYEHATKAN, LIHAT CONTOHNYA


Liburan adalah hari – hari yang ditunggu oleh para orang tua maupun para anak sekolah, karena memang kita memrlukan hari libur untuk mengistirahatkan pikiran serta badan kita dari aktifitas – aktifitas yang melelahkan.

Karena itu, isi liburan anda dengan kegiatan yang sangat bermanfaat yang mampu membuat anda bersama keluarga dapat merasakan bahagia dan juga merasakan manfaat kesehatan. Kita bisa memilih aktivitas outdoor seperti lompat tali, basket, sepak bola, atau bahkan petak umpet.

Kesenangan yang didapat saat melakukan permainan tersebut bisa bantu membentuk kekompakan keluarga. Sebab permainan-permainan tersebut biasanya dilakukan secara berkelompok, sehingga kita bisa mengasah anak-anak untuk mengatur strategi bersama, mengajarkan mereka arti kerjasama, dan pasti aktif bergerak. Lebih lengkapnya, akan dibahas sebagai berikut.

Bersepeda

Bepergian dengan mengisi waktu liburan bersama keluarga dengan menaiki sepeda adalah salah satu kegiatan yang sehat dan menyenangkan. Agar lebih menarik, carilah area yang aman untuk saling balap satu dengan lainnya atau bersepeda santai menikmati angin sambil bernyanyi bersama.

Menari

Semua anggota keluarga bisa ikut kelas menari bersama. Jika jadwal yang tidak cocok satu sama lain, cobalah untuk mencari gerakan tarian melalui youtube kemudian saling mengajarkan untuk mendapatkan satu tarian secara kompak. Tidak hanya mengisi waktu liburan dengan menyenangkan, namun ini juga sekaligus sebagai bentuk olahraga.

Berkreasi bersama.

Ajak seluruh anggota keluarga untuk menari bersama. Libatkan si Kecil dalam pemilihan lagu dan kreasikan tarian sehingga mereka akan sangat menikmatinya. Atau bisa juga melakukan kontes hula hoop yang bisa meningkatkan semangat kompetisi dengan cara yang menyenangkan.

Lari maraton

Lari maraton dapat dilakukan dengan mudah bersama keluarga, hanya di sekitar rumah atau kompleks.

Piknik

Piknik akan membuat kita kembali bersemangat dan gembira. Bawa semua perlengkapan piknik yang akan dilakukan di taman atau danau yang indah. Tak hanya sekadar duduk-duduk, anggota keluarga juga bisa bermain Frisbee, skipping, dan lainnya. Tentunya juga ini akan membuat anak-anak senang dan belajar pentingnya bergiatan outdoor.

Membersihkan rumah bersama

Membersihkan rumah bersama-sama jauh lebih menyenangkan. Bagi setiap pekerjaan kepada anggota keluarga.Selain melatih kerja sama dan kekompakan, tentunya juga membersihkan rumah dapat menyehatkan kita karena secara tidak langsung seluruh anggota tubuh kita bergerak atau aktif.

Berkebun bersama

Jika si Kecil tidak suka mengkonsumsi sayur, maka aktivitas berkebun bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut, karena anak-anak akan menunjukkan rasa ketertarikan yang lebih untuk merasakan sayuran-sayuran yang mereka sudah tahu, kenal, serta tanam sendiri. Ajak anak untuk ikut menanam benih, menyiram, dan memberikan pupuk. Jika kita tidak memiliki kebun yang besar, kita bisa mengajak si Kecil menanam tanaman hias di pot. Selain sebagai ajang perekat hubungan antara kita dengan sang buah hati, kegiatan menggali, mencangkul, dan menyiangi rumput bisa menjadi cara yang cukup efektif bagi anak kita untuk membakar kalorinya.