Selasa, 10 April 2018

TIPS MENCEGAH MABUK PERJALANAN


Jika sebelumnya kita telah membahas tentang liburan sehat dan camilan sehat yang dibawa saat perjalanan liburan sehat anda. Sekarang, kita akan membahas tentang bagaimana cara kita mencegah mabuk perjalanan liburan sehat anda.

Agar perjalanan kita akan terasa semakin menyenangkan jika diantara kita tidak ada yang mengalami mabuk perjalanan. Ok mom, yuk kita simak tips mencegah mabuk perjalanan, agar mama dapat mengontrol keluarga anda tidak mengalami mabuk perjalanan.

Tips mencegah mabuk perjalanan:

1. Menyesuaikan asupan makanan dan mendapatkan cukup istirahat sebelum bepergian
Hindari makan terlalu banyak makanan yang lambat dicerna, makanan pedas, makanan berlemak dan asam setidaknya sehari sebelum melakukan perjalanan. Konsumsi makanan kecil sekitar dua jam sebelum bepergian sehingga makanan dapat mulai dicerna. Hindari alkohol dan kafein sebelum dan selama perjalanan karena membuat tubuh menjadi dehidrasi dan memicu mabuk. Alih-alih alkohol dan kafein, minum air sebagai gantinya.

2. Makanlah makanan yang ringan namun sering
Makanan berat dapat membuat Anda lebih mudah merasa mual. Jika Anda berkendara dengan mobil, terutama saat melakukan perjalanan panjang, makanlah hanya makanan yang ringan yang sehat, rendah lemak, dan dalam porsi kecil namun sering. Makanan yang rendah lemak namun tinggi protein merupakan makanan yang ideal untuk mencegah mabuk kendaraan. Sebagai contoh, jangan makan hamburger saat sedang melakukan perjalanan. Sebaliknya, belilah salad yang disajikan dengan ayam panggang. Jangan meminum susu kocok saat sedang melakukan perjalanan. Sebaliknya, minumlah smoothie yoghurt rendah lemak yang disajikan dengan tambahan bubuk protein.

3. Jauhkan buku, telepon genggam, dan perangkat lainnya
Mabuk kendaraan akan memburuk jika Anda berkonsentrasi pada objek visual yang ada di dalam mobil, bukan di luar mobil. Menatapi buku, permainan dalam telepon genggam, media baca elektronik, atau komputer tablet dapat meningkatkan ketidaksesuaian antara mata dan seluruh tubuh. Untuk mencegah mabuk kendaraan, pastikan Anda memfokuskan mata hanya pada benda yang berada di luar mobil, pada cakrawala di depan Anda.

4. Minum Obat Anti-Mabuk Perjalanan
Obat-obatan anti mabuk jenis antihistamin harus kamu minum setidaknya satu jam sebelum perjalanan. Obat tersebut memerlukan waktu untuk diserap ke dalam aliran darah. Ketahuilah aturan pakai dan efek sampingnya. Jangan menyetir kendaraan bila hal itu tidak disarankan setelah meminum obat ya.

5. Stabilkan kepala Anda
Terkadang sulit untuk menjaga mata tetap terfokus pada satu titik ketika mobil sedang bergerak. Untuk menstabilkan pandangan, pastikan kepala Anda juga stabil. Sandarkan kepala pada sandaran kepala di belakang Anda agar kepala tetap stabil. Bantal leher juga dapat membantu menjaga kepala dan juga pandangan Anda tetap stabil.

6. Lakukan teknik pernapasan dalam yang secara alami akan menenangkan dari gejala mabuk perjalanan
Tutup mulut dan ambil napas dalam-dalam melalui hidung. Isi paru-paru dalam empat hitungan. Kemudian tahan napas selama tujuh hitungan. Setelah, itu hembuskan napas kamu keluar melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi teknik pernapasan ini tiga kali.

7. Bersikaplah Tenang
Jangan tegang mencemaskan bahwa kamu mungkin akan mengalami mabuk perjalanan. Kecemasan semacam itu justru dapat memicu kehadirannya. Berusahalah sesantai mungkin. Ketika ada tanda-tanda awal, ambillah nafas dalam-dalam, tutup mata kamu, diam dan tanamkan sugesti bahwa kamu tidak akan mengalami mabuk perjalanan.

8. Dengarkan musik yang disukai
Musik meredakan ketegangan dan kekhawatiran akan munculnya rasa mual. Ketika pikiran terpecah, ketegangan pun berangsur berkurang berganti dengan perasaan nyaman dan gembira.

Tetap control keluarga anda ya mom jika kalian berlibur. Agar keluarga anda tidak ada yang mengalami mabuk perjalanan. Supaya lebih menyenangkan lagi perjalanan liburan anda bersama keluarga anda.