Rabu, 16 Mei 2018

ATASI LUKA MEMAR DENGAN PENGOBATAN PRAKTIS DAN ALAMI


Selamat datang bulan ramadhan. Bulan yang penuh dengan berkah. Ramadhan itu selalu diramaikan dengan suara riuh petasan di berbagai kampung maupun desa. Memang, jika terdengar kata Ramadhan selalu identik dengan adanya petasan. Tidak sedikit juga yang mengalami luka memar akibat ledakan dari sebuah petasan, maupun luka akibat keteledoran kita karena kurangnya konsentrasi.

Namun, apabila sedang berpuasa tidak mungkin jika kita memberikan obat padanya untuk dapat meredakan rasa sakit dan mengobati luka memar yang dialaminya. Oleh karena itu, kita akan membahas tentang bagaimana cara menangani luka memar bagi orang yang terkena ledakan.

1. Es Batu

Kompreslah luka memar anda menggunakan es batu. Penggunaan es batu berfungsi untuk memperlancar aliran darah dan mencegah pembekuan luka memar. Cara ini dapat dilakukan pada luka bagian wajah.

2. Kompres air hangat

Setelah sekitar satu hari mengkompres memar dengan es atau air dingin, cobalah ganti dengan kompres air hangat. Suhu panas akan membuat sirkulasi darah menjadi baik serta mencegah terjadinya pembekuan darah di area memar. Gunakan kantung atau kain khusus untuk kompres. Isi kantung dengan air panas dan taruh di atas bagian yang memar.

3. Angkat bagian tubuh yang memar.

Jika luka memar Anda berada di bagian tubuh yang bisa Anda angkat, seperti tangan atau kaki Anda, pastikan untuk mengangkat luka memar hingga berada di atas jantung Anda untuk mengurangi aliran darah yang menuju luka. Dengan begitu, radang akan berkurang dan darah yang menuju luka akan berkurang sehingga warnanya memudar. Mengangkat bagian tubuh yang memar akan memberikan hasil terbaik saat dilakukan segera setelah luka tersebut muncul.

4. Daun Sirih

Daun sirih memang sudah terkenal dengan banyaknya manfaat. Daun sirih memang bagus untuk miss v tapi ternyata dapat juga digunakan untuk obat luka memar pada bagian tubuh kaki, tangan, wajah dan bibir. Daun sirih sangat aman dan mudah untuk digunakan sebagai obat.
Cara mengobati luka memar dengan cepat menggunakan daun sirih
– Silahkan siapkan beberapa lembar daun sirih.
– Lalu hangatkan daun sirih dengan cara di bakar atau di kukus.
– Terakhir tempelkan daun sirih yang sudah dihangatkan pada luka yang memar.

5. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat. Salah satunya yaitu untuk mengobati luka memar. Kandungan nutrisi di dalam kunyit bisa membantu anda meringankan rasa sakit dan nyeri karena luka memar.
Cara menghilangkan memar bekas pukulan dengan kunyit
– Silahkan siapkan 1 rimpang kunyit kemduian cuci dan parut atau tumbuk hingga lembut.
– Lalu kompreskan atau tempelkan pada luka memar misalnya kaki dan tangan.
– Biarkan beberapa menit atau sampai mengering.

6. Gunakan seledri

Ambil satu genggam seledri segar, hancurkan, dan taruh di atas luka memar, balut dengan perban. Para ahli mengatakan, seledri dapat membantu mengurangi peradangan atau inflamasi, mengurangi rasa nyeri, dan menyembuhkan memar lebih cepat.

7. Jemur

Jemur luka memar di bawah sinar matahari. Jika anda bisa menjemur luka memar anda selama 10 hingga 15 menit di bawah sinar matahari langsung, radiasi sinar UV akan mulai menghancurkan bilirubin yang menyebabkan luka memar anda menjadi berwarna kuning. Sinar matahari akan mempercepat proses ini dan membuat luka memar anda hilang lebih cepat.

8. Balut

Jika terjadi memar di lengan atau kaki, serega balut dengan perban elastis di sekitar daerah memar. Balutan akan mencegah pembuluh darah bocor sehingga memar tidak akan bertambah parah.

9. Bunga Pacar

Bunga pacar air bisa memperlancar peredaran darah pada area luka memar dengan cara menumbuk pacar air lalu oleskan ke luka memar.

Itulah cara-cara alami yang bisa anda terapkan dimanapun anda berada, anda hanya memerlukan sedikit bahan untuk mengobati luka memar tersebut.