Minggu, 13 Mei 2018

KEBUTUHAN GIZI YANG HARUS DIPENUHI SAAT BERPUASA ALA SO PYUR



Bulan Ramadhan adalah bulan yang pernuh dengan berkah. Dan tentunya kita juga harus tetap menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh kita untuk tetap semangat dalam menjalani puasa kita selama satu bulan penuh. Untuk itu, kita perlu nutrisi dan mineral serta gizi yang penting untuk tetap menjaga tubuh kita agar tetap sehat selama berpuasa.

Beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap terjaga selama berpuasa diantaranya adalah Vitamin A, Vitamin C, Serat, Zinc dan lain - lain. Dimana, manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Vitamin A
Kenapa tubuh butuh vitamin A saat puasa? Vitamin A dalam tubuh memiliki banyak peran penting yang membantu tubuh sehari-harinya. Beberapa fungsi vitamin A antara lain sebagai alat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan untuk penglihatan mata. Vitamin A, yang juga yang meliputi zat beta karoten dapat membantu retina, kornea, dan mata agar berfungsi dengan baik pada saat berpuasa.

2. Vitamin C
Telah banyak diketahui kalau vitamin C menjadi vitamin penting untuk aktivitas sehari-hari, terlebih ketika berpuasa. Vitamin saat puasa ini, merupakan sumber zat antioksidan penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin C juga penting untuk memetabolisme protein tubuh dan menghindari dari penyakit kardiovaskuler (contohnya jantung).

3. Vitamin D
Banyak yang tidak menyangka kalau vitamin D sangat dibutuhkan tubuh selama masa puasa. Mengapa tubuh butuh vitamin D? Penting diketahui kalau saat puasa, di mana tubuh tidak makan dan minum dalam waktu yang lama, hal tersebut dapat memengaruhi emosi seseorang.

Vitamin D juga berfungsi untuk mengaktifkan sistem imun dan melepaskan hormon dopamin dan serotonin yang berpengaruh pada fungsi dan perkembangan otak. Hal ini sama dengan cara kerja beberapa jenis obat antidepresan yang berguna untuk meningkatkan hormon monoamine pada otak untuk mengatasi depresi sehari-hari.

Kebutuhan vitamin saat puasa yang satu ini, dapat dipenuhi dengan mengonsumsi berbagai makanan, suplemen, dan paparan sinar matahari pagi ketika beraktivitas. Namun, asupan alami seperti dari makanan dan sinar matahari akan jauh lebih sehat karena memiliki risiko hipervitaminosis yang sangat kecil.

4. Serat
Nutrisi ini juga sangat diperlukan ketika kita sedang berpuasa, karena serat dapat memgontrol pencernaan dalam tubuh kita.

5. Zinc
Zinc adalah nutrisi yang dibutuhkan manusia saat puasa agar tetap sehat. Pasalnya, zinc dapat membantu sistem imun dalam melawan virus dan bakteri ketika tubuh berhenti menerima makanan. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk membentuk protein dan DNA, serta hal-hal yang berhubungan dengan genetik pada seluruh sel.

Nutrisi zinc berpengaruh pada motorik, kognitif dan fungsi psikososial pada anak-anak dan orang tua. Di mana kalau tubuh kekurangan zinc saat puasa, sel motorik tubuh banyak yang tidak sinkron dan akhirnya gampang lelah.

6. Yodium
Selain vitamin, saat puasa tubuh juga butuh mineral penting seperti yodium yang bisa didapat dari makanan ketika sahur. Yodium adalah mineral yang dibutuhkan tubuh guna memelihara fungsi tiroid dan metabolisme sel. Asupan yodium rendah dapat menyebabkan hipotiroidisme. Nah salah satu gejala hipotiroidisme adalah kelelahan, peningkatan berat badan, dan bahkan sembelit disaat menjalankan puasa.

Untuk mendapatkan nutrisi yang telah disebutkan diatas, anda hanya butuh satu makanan yang instan dan mudah cara penyajiannya. Anda tidak perlu menyiapkan berbagai makanan yang mengandung nutrisi diatas dimeja anda. Belum tentu juga keluarga anda akan banyak memakan makanan yang anda siapkan di meja makan anda ketika sahur. Karena, keluarga anda juga akan memilih menu sahur yang sederhana namun mengenyangkan.

Anda hanya butuh menyiapkan So Pyur dirumah anda untuk persediaan sahur anda. Karena So Pyur sudah instan, tidak ribet, mudah penyajiannya dan memiliki kaya nutrisi yang diantaranya vitamin A, C, D, zinc, serat dan lain - lain. Jadi bunda hanya cukup menyiapkan seporsi So Pyur yang akan melengkapi nutrisi bunda dan keluarga bunda ketika menjalankan ibadah puasa. Bunda juga tidak perlu ribet lagi untuk menyiapkan berbagai makanan yang melengkapi nutrisi yang anda butuhkan bersama keluarga anda.

Tinggal bunda memilih cara cepat dan tepat dengan seporsi So Pyur namun melengkapi segala nutrisi anda dan keluarga anda. Atau memilih cara lama dan tidak efektif untuk menyiapkan berbagai makanan demi memenuhi nutrisi anda dan keluarga anda. Pasti para bunda ingin yang cepat dan tepat kan? :-)