Kamis, 03 Mei 2018

KREASI MUDAH TETAP INDAH BUAT KERAJINAN DARI JAGUNG



Jika kita mengenal kata sebuah jagung, pasti anda tahu bagaimana manfaat jagung untuk kesehatan tubuh kita. Namun, ternyata jagung tidak hanya berpotensi untuk memberikan manfaat pada tubuh kita, jagung juga dapat bermanfaat untuk yang lain.

Seperti kita dapat membuat biji jagungnya untuk membuat kerajinan unik. Atau mungkin juga bisa membuat kerajinan unik dari bongkolnya, bahkan dari kulitnya saja juga masih bisa dimanfaatkan. Duh, ternyata masih banyak ya manfaat jagung yang tidak kita ketahui.

Nah, sekarang coba kita mengulas. Manfaat apa yang bisa didapatkan dari jagung selain kita memasaknya untuk kesehatan tubuh?

Yuk, kita simak dibawah ini!
Ternyata anda juga dapat memanfaatkan kulit jagung sebagai sebuah hiasan. Diantaranya anda dapat menggunakan kulit jagung untuk membuat sebuah bunga hias yang akan menghiasi ruangan anda.
Untuk itu, persiapkan bahan – bahan dibawah ini sebelum membuat hiasan bunga yang cantik.
1. Kulit jagung
2. Kawat
3. Lem tembak
4. Kertas pola
5. Tang untuk memotong kawat
6. Bisa juga di tambah pakai kayu
7. Cat/pewarna
8. Gunting

Jika bahan – bahan tersebut sudah disiapkan, maka yang perlu anda perhatikan adalah cara membuatnya. Pasti anda berfikiran kalau cara pembuatannya itu sulit. Tidak kok, cukup simple. Kita simak saja ya cara pembuatanyya sebagai berikut:

1. Pengeringan kulit jagung
Keringkan dahulu kulit jagung kemudian pilih yang tidak berkerut dan masih utuh

2. Pembentukan
Langkah selanjutnya dalam cara membuat bunga dari kulit jagung adalah melakukan pemotongan pada bahan membentuk pola daun dan mahkota bunga. Untuk membentuk bunga , bagian yang melebar pada potongan kulit jagung dengan pola mahkota bunga harus dilengkungkan ke arah luar dan kemudian tekan-tekan. Sementara bagian yang lancip direkatkan. Setelah itu, rangkai kelopak bunga jagung menyerupai bunga sungguhan dengan menempelkannya satu per satu menggunakan lem tembak. Lengkapi hiasan bunga dengan putik spiral terbuat dari sisa kulit jagung yang sudah digulung dengan pulpen.

3. Pewarnaan
Setelah dikeringkan, kulit jagung kemudian diwarnai dengan pewarna makanan. Caranya didihkan air yang telah diberi pewarna hijau untuk daunnya dan kuning untuk kelopak bunga dan daunnya. Masukan kulit jagung sampai warnanya meresap. Kemudian angin-anginkan agar kulit jagung kering dan warnanya awet.

4. Perangkaian
Selanjutnya merangkai mahkota bunga hingga membentuk bunga yang di inginkan dan ditekan-tekan agar kawat makin melekat. Dengan cara membuat bunga dari kulit jagung dilakukan dengan menyiapkan ranting pohon kecil yang sudah dikeringkan. Tempelkan daun-daun menggunakan lem tembak pada bagian tengah ranting dan bunga-bunga pada bagian ujung ranting.

5. Peletakan
Jika anda sudah melakukan semua proses diatas, anda bisa meletakkan bunga anda di vas bunga. Lalu letakkan vas itu di pojok ruang anda agar membuat ruangan anda terlihat lebih cantik.