Minggu, 06 Mei 2018

DARI SATU TANAMAN UNTUK BERAGAM MANFAAT



Tanaman jagung adalah tanaman yang sudah kita ketahui tentang manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Terdapat banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi jagung, diantaranya: baik untuk kesehatan mata, baik juga untuk diet, baik juga untuk kesehatan tulang dan masih banyak lagi.



Namu, ternyata masih banyak manfaat lain yang masih belum sering kita ketahui. Jagung tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, jagung juga memiliki manfaat yang bernilai jual. Maksudnya, bagian – bagian dari jagung itu tadi dapat dijadikan sesuatu benda yang dapat bernilai jual maupun digunakan untuk manfaat yang lain.



Kira – kira apa saja manfaat jagung selain untuk kesehatan?



1. Sumber karbohidrat

Tentu saja kita pernah menyinggung tentang manfaat jagung yang ini. Karena, jagung ini cocok untuk siapapun yang melakukan program diet. Karena jagung memiliki sumber karbohidrat.



2. Pakan ternak

Jika kalian peternak, maka kalian dapat memberikan hewan ternak anda dari tumbuhan jagung, yaitu, kalian dapat mengambil daunnya untuk hewan ternak seperti sapi, kambing dan lain – lain. Tidak hanya dari daunnya, kalian juga dapat mengambil tongkolnya untuk dijadikan santapan hewan ternak anda.



3. Dapat dijadikan tepung

Untuk yang satu ini, kita dapat menjadikan tanaman jagung menjadi sebuah tepung. Untuk mendapatkan manfaat ini, anda dapat mengambil dari bijinya. Yaitu, dapat anda jadikan sebagai tepung maizena, atau dapat anda gunakan sebagai tepung jagung yang dapat digunakan sebagai agar – agar jagung, atau dapat anda gunakan menjadi tepung ampok yang digunakan untuk makanan anda saat anda melakukan program diet.



4. Sebagai kerajinan

Untuk perihal satu ini, anda dapat mengambil dari bijinya, dari daunnya maupun dari tongkolnya. Bijinya dapat anda jadikan sebagai aksesoris kalung, anda dapat meroncenya menjadi kalung yang anda inginkan. Dari daunnya pun anda dapat membuat banyak kerajinan, diantaranya Bungan hias dari daunnya, atau membuat vas bunga hias dari daunnya, ataupun dapat membuat bingkai foto dari daunnya. Dar tongkolnya pun anda dapat membuat kerajinan semacam gerabah yang bernilai jual juga.



5. Bahan baku industri

Diambil dari biji dan tongkolnya. Tepung biji dan tongkolnya dapat digunakan sebagai bahan pembuatan furfural dimana tongkol jagung itu sendiri memiliki kandungan pentose yang dijadikan bahan pembuatan furfural.



6. Untuk kesehatan kulit

Dalam hal ini anda dapat mengambil dari jagung muda. Dimana fungsinya sendiri untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit disebabkan karena jagung memiliki kandungan vitamin A. yang kedua, jagung muda ini juga dapat menghilangkan bekas atau noda hitam dengan cara membuatnya sebagai masker, karena kandungan vitamin C nya yang baik untuk kesehatan kulit. Yang ketiga adalah dapat dijadikan sebagai obat jerawat karea mengandung kalsium yang baik untuk mengurangi efek stress yang dapat menyebabkan penyakit kulit seperti jerawat



Banyak manfaat lain yang dapat anda dapatkan dari jagung selain untuk kesehatan dalam tubuh. karena banyak yang dapat dilakukan dengan adanya sebuah jagung.