Minggu, 20 Mei 2018

TIPS PUASA TETAP ENERGIK, MAU TAHU??


Ramadhan adalah bulan suci yang penuh akan keberkahan. Tentunya anda juga ingin puasa anda tetap lancar, tetap semangat, tidak lemas dan tetap energik. Tentu tidak semudah itu bukan? Jika kita ingin tetap energik dalam keadaan berpuasa, maka kita juga dapat mengikuti tips dibawah ini.

1. Merencanakan jadwal menu
Rencanakan jadwal menu untuk berbuka puasa dan sahur untuk memastikan Anda tetap mendapatkan nutrisi yang tepat selama berpuasa. Tentunya menu makanan dan minunan yang tetap menjaga kesehatan tubuh anda. Dan mendukung tubuh kita untuk tetap aktif dan sehat selama berpuasa.

2. Sesuaikan kondisi tubuh saat berpuasa
Sebelum memulai puasa, kita perlu berkonsultasi dengan dokter. Hal ini wajib terutama bagi manula, penderita diabetes yang mengonsumsi obat untuk mengontrol kadar insulin, wanita hamil, dan anak-anak pra-remaja. Bagi yang memiliki masalah kesehatan dan masih ingin berpuasa harus berkonsultasi dengan dokter agar kondisi tubuh dapat menyesuaikan ketika berpuasa. Namun, jika gejala awal penyakit yang diderita telah muncul, sebaiknya segeralah berbuka meskipun waktu berbuka belum tiba.

3. Hindari matahari dan jaga tubuh agar terhidrasi
Agar tetap bugar selama puasa, hindarilah berada di bawah terik matahari.
Kita juga harus menghindari olahraga berat. Mengonsumsi buah ketika sahur adalah cara yang tepat untuk menjaga asupan air dalam tubuh.

Air yang terkandung dalam buah membantu menghidrasi tubuh di siang hari.
Namun, kita juga tak boleh meminum banyak air sekaligus. Kopi dan teh juga harus kita hindari.
Minuman berkafein hanya meningkatkan rasa haus dan dehidrasi. Untuk energi tambahan, cobalah minum smoothie atau jus buah yang diencerkan dengan air.

4. Olahraga
Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki selama 15-20 menit, sebaiknya dilakukan di malam hari. Karena tubuh anda sudah bebas dari yang namanya lemas karena puasa.

5. Konsumsi serat dan protein saat sahur
Sahur dan berbuka adalah waktu makan yang diizinkan ketika berpuasa. Sahur biasa dilakukan sebelum fajar dan berbuka dilakukan ketika matahari terbenam. Sahur menjadi hal penting yang menentukan kekuatan seseorang selama sehari menahan lapar dan haus.

Oleh karena itu, sangat penting mengonsumsi protein dan serat agar rasa kenyang bertahan lebih lama.

Lebih nikmat dan lebih berenergi lagi jika anda menikmati sahut dengan nasi jagung. Karena, jika kita berpuasa, jangan memakan yang mengandung karbo saat sahur, karena dapat mengakibatkan gemuk dan gula darah naik.

Karena itu, campur nasi putih anda dengan nasi jagung So Pyur yang akan setia untuk menemani hidangan sahur anda. Bahkan So Pyur juga nikmat dan gurih walaupun tanpa nasi.

Selain itu, So Pyur juga mengandung banyak nutrisi yang diantaranya terkandung serat dan protein yang akan menjaga tubuh anda tetap fit, tidak lemas, tidak letih dan tetap beraktifitas dan berenergi. Karena So Pyur juga mempunyai kandungan karbohidrat yang berkalori. Anda juga tidak perlu takut jika tubuh anda menjadi gemuk atau takut jika anda terkena diabetes saat berpuasa.