Minggu, 03 Juni 2018

SEMANGAT KERJA UNTUK PROFESIONAL


Semangat kerja harus kita lakukan setiap harinya walaupun kita seorang wanita. Meski begitu tidak ada bedanya dengan laki-laki, kita harus tetap bekerja dengan giat dan profesional. Banyak hal untuk menjadi seorang profesional, diantaranya adalah mengembangkan diri dan mau belajar untuk lebih baik lagi dan masih banyak lagi hal yang harus dilakukan. Untuk itu maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan jika ingin menjadi seorang profesional.

1. Mengembangkan diri dan mau belajar
Dalam hal ini maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu:

  • Jangan ragu menerima tantangan dari atasan

Tak jarang pimpinan menunjuk kita secara langsung untuk memikul tanggung jawab yang lebih dari yang biasa dikerjakan. Kita harus bersyukur ketika pimpinan perusahaan melakukannya, karena artinya ia meyakini bahwa kita bisa melakukannya. Jangan sia-siakan kesempatan. Jadikan itu sebagai untuk belajar sekaligus menguji diri. Tanyakan dengan jelas seperti apa pekerjaanya dan ukurlah sesuai kemampuan kita sebagai wanita. Sehingga dapat meminimalisir kesalahan saat bekerja.

  • Amati rekan senior dan jangan sungkan untuk belajar dengannya

Menjalin hubungan baik kepada sesama rekan kerja, terutama senior akan memberikan dampak baik bagi pengembangan profesi diri. Senior juga dapat kita jadikan contoh. Dengan kita mengamati bagaimana ia melakukan komunikasi profesional dengan klien, bagaimana menyelesaikan pekerjaan secara efisien akan membawa kita pada level selanjutnya di jenjang karir. Menganalisis hasil kerja senior juga akan memberikan pembelajaran tentang kualitas hasil output kerja kita.

2. Melepaskan ego saat bekerja
Anda dapat melakukan beberapa hal ini untuk dapat melepaskan ego dalam diri kita:

  • Berhenti menjadi tersinggung.

Perilaku orang lain bukanlah alasan kita untuk bereaksi. Tersinggung hanya akan melemahkan kita. Jika Anda sedang mencari kesempatan untuk tersinggung, maka Anda akan bisa menemukan hal tersebut di setiap tikungan. Ini adalah ego Anda yang sedang bekerja untuk meyakinkan anda bahwa dunia tidak bisa berlangsung dengan cara itu. Apalagi seorang wanita jika sedang badmood, pasti bawaannya selalu emosi yang meledak-ledak, hati-hati tuh.


  • Lepaskan keinginan Anda untuk menang

Anda bukanlah kemenangan atau keunggulan. Anda mungkin menikmati bersaing, dan bersenang-senang di dunia di mana menang adalah segalanya, tetapi Anda tidak harus menempatkan itu di pikiran Anda. Tidak ada pecundang di dalam dunia di mana kita semua berbagi sumber energi yang sama. Yang dapat Anda katakan pada hari tersebut adalah bahwa Anda tampil pada tingkat lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain pada hari itu. Tapi hari ini adalah hari yang lain, dengan kompetitor yang lain dan keadaan baru untuk dipertimbangkan.

  • Lepaskan kebutuhan Anda untuk menjadi benar.

Ego adalah sumber dari banyak konflik dan pertikaian karena mendorong Anda ke arah yang membuat orang lain menjadi salah. Ketika Anda bermusuhan dengan orang lain, Anda telah terputus dari kekuatan niat. Roh yang kreatif adalah mencintai, dan reseptif, dan bebas dari kemarahan, kebencian, atau kepahitan. Melepaskan kebutuhan Anda untuk menjadi benar dalam diskusi dan hubungan adalah seperti berkata kepada ego, aku bukan budak Anda. Aku ingin memeluk kebaikan, dan aku menolak kebutuhan Anda untuk menjadi benar. Bahkan, aku akan menawarkan orang ini kesempatan untuk merasa lebih baik dengan mengatakan bahwa dia benar, dan berterima kasih untuk menunjukkan saya ke arah kebenaran.

3. Meningkatkan interaksi dan komunikasi
Komunikasi dan relasi menjadi salah satu landasan fundamental kesuksesan seseorang. Ketika kita bekerja di sebuah perusahaan, manfaatkan betul kesempatan untuk mengenal lebih banyak orang baru. Manfaatkan jalinan komunikasi dan relasi yang terus bertumbuh. Biasanya kesempatan ini akan datang lebih sering ketika kita makin dipercaya oleh pimpinan, atau memiliki jalinan baik dengan rekan kerja senior.

Dengan memiliki banyak relasi, tak menutup kemungkinan akan bermanfaat ketika suat saat nanti mungkin saja kita “ditakdirkan” untuk menjadi seorang pengusaha atau untuk menunjang kebutuhan profesi lainnya yang membutuhkan bantuan relasi terkait.

4. Selalu membuka kritikan dan menerima saran
Hal ini perlu juga perlu dalam hidup kita, karena apabila kita menerima kritikan dan saran dari orang lain seperti teman kerja, senior, atasan atau partner kerja itu akan membangun kita untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Dimana kita akan menjadi seseorang yang berprofesional.

5. Passion, belajar dan fokus
Jika anda ingin menjadi yang lebih baik dan seorang profesional. Maka tentukan passion dari dalam diri anda. Pelajari passion itu agar anda dapat lebih mendalami tentang profesi yang akan anda ambil. Jika anda sudah mempelajarinya, maka anda juga harus fokus pada passion anda. Sampai pada akhirnya anda akan temukan kesuksesan dalam hidup anda.