Jumat, 13 Juli 2018

FAKTA UNIK DARI NASI AMPOK


Nasi ampok atau yang kita kenal sebagai nasi jagung yang diketahui adalah makanan khas jawa yang diminati banyak orang mulai dari anak - anak hingga orang tua. Bukan hanya karena rasanya yang nikmat, namun banyak manfaat yang didapatkan dari nasi ampok untuk kesehatan tubuh kita. Karena asupan nutrisi yang lengkap itulah banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari nasi ampok.
Namun, ternyata terdapat fakta - fakta unik dari nasi ampok yang sedikit orang mengetahuinya. Untuk itu kami akan membahasnya dibawah ini:

1. Diakui Menjadi Makanan Khas Blitar Karena Penyajiannya
Nasi Ampok adalah nasi jagung khas Blitar. Hal ini dikarenakan cara penyajiannya dari kota Blitar sangat berbeda pada umumnya cara penyajian nasi ampok di kota - kota lainnya. Untuk menambah cita rasa nasi ampok agar lebih nikmat, masyarakat kota Blitar menyajikan nasi ampok dengan sambal tomat, sayur rebus, serta ditambah dengan ikan asin yang menjadikan ciri khas nasi ampok asal Blitar yang dapat dijumpai disekitar Alun - Alun Kota Blitar.

2. Di Kota Tulungagung Ampok Sangat Diminati
Nasi ampok yang berasal dari jagung juga dikenal sebagai nasi yang rendah kolesterol, yan menjadikam banyaknya peminat yang akan mencari nasi ampok sebagai alternatif makanan di luar nasi putih yang disiapkan di rumah dan di kebanyakan rumah makan.
Di Tulungagung, nasi ampok sering dimakan bersama lodeh, kulup, agar dan ikan asin. Dengan rasa yang pedas, penikmat nasi ampok yang khas ini banyak dijumpai di Tulungagung. Bahkan, jika telat datang ke warung khas ampok, banyak warga yang tidak kebagian karena nasi ampok adalah nasi yang laris manis dan cepat habis.

3. Dapat Dijadikan Sebagai Lontong Untuk Camilan
Makanan ini adalah makanan yang berasal dari ampok dengan bahan sebagai berikut:
1. 250gr ampok
2. 1 butir kelapa parut
3. 250gr gula merah disisir halus
4. 1/2 sdk makan garam
5. secukupnya vanili
6. 1 bungkus agar agar plain
7. 2 lmbr daun pisang yg sdh di cuci bersih dan di sobek sesuai ukuran
8. secukupnya tusuk gigi
9. air untuk merebus
Dengan cara merendam ampok selama paling sedikit 2 jam supaya cepat empuk.  Setelah empuk, buat seperti aronan nasi dengan cara didihkan air secukupnya, masukan ampok yg sdh di rendam, aduk hingga menjadi aronan ampok dan tunggu hingga keket atau akel. Setelah akel, masukan kelapa parut, dan agar - agar plain, aduk hingga rata, lalu taruh 2 sendok adonan pada daun, campurkan gula merah ditengah adonan, bungkus seperti lontong dan kukus selama 1 jam, dinginkan dan siap disajikan.

4. Dikenal Makanan Khas Kediri Sebagai Ampok Goreng
Pada umumnya, ampok atau nasi jagung biasa digunakan pengganti nasi. Biasanya, makanan ini dicampur dengan beragam lauk ataupun sayur. Namun di kota Kediri menyediakan ampok yang lain daripada yang lain, yaitu menyediakan nasi ampok goreng yang unik dan mempunyai rasa yang khas. Dipadu dengan beragam sayuran, serta ikan teri membuat ampok ini mempunyai cita rasa unik. Gurihnya ampok dan nikmatnya ikan membuat lidah rasanya tidak ingin berhenti untuk makan dan ketagihan.

Ternyata banyak juga fakta - fakta unik yang sedikit kita mengetahuinya. Silahkan anda ingin menikmati yang mana? Ampok khas Blitar? Ampok khas Tulungagung? Lontong Ampok yang dapat dibuat sendiri? Atau Nasi goreng ampok khas Kediri? Yang terpenting adalah kita dapat memperoleh manfaat dari setiap porsi ampok untuk tubuh kita.