Minggu, 15 Juli 2018

JAGUNG YANG KAYA AKAN MANFAAT


Banyak orang yang meremehkan makanan yang bernama jagung. Sehingga banyak yang tidak mengetahui bahwa tumbuhan jagung sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia yang selama ini tidak banyak kita ketahui. Apa saja manfaat jagung untuk kesehatan tubuh kita?

Untuk mengetahuinya, kami akan membahas pada pembahasan dibawah ini:

Merawat Kesehatan Kulit
Kuning Jagung merupakan sumber beto-karoten yang membentuk Vitamin A yaitu Vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Vitamin C dan Likopen merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit yang dikarenakan oleh radiasi UV. Kuning Jagung juga dapat meningkatkan produksi Kolagen yang dapat membantu pemeliharan kulit menjadi halus.

Mengurangi resiko wasir
Kandungan serat dari jagung akan membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Serat akan membantu buang air besar, yang merangsang gerak peristaltik dan bahkan merangsang produksi asam lambung dan empedu. Hal ini juga dapatmengurangi kemungkinan diare.

Kesehatan Tulang dan Gigi
Kandungan kalsium dan fosfor sangat penting untuk tulang dan gigi. Kandungan fosfor dalam jagung penting untuk tulang dan gigi. Kekurangan fosfor akan menyebabkan tubuh lemah, pertumbuhan terhambat, serta pertumbuhan tulang dan gigi abnormal.

Mencegah Anemia
Vitamin B12 dan asam folat hadir dalam jagung, untuk mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin ini. Jagung juga memiliki tingkat zat besi yang signifikan dan merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah baru. Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab utama anemia juga.

Mengontrol Diabetes dan Hipertensi
Makan buah-buahan yang lebih organik dan sayuran seperti jagung, telah dianggap berkaitan dengan penurunan tanda-tanda diabetes. Mengkonsumsi biji jagung dapat membantu pengelolaan insulin dan efektif terhadap hipertensi karena adanya phytochemical fenolik di seluruh jagung. Fitokimia dapat mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, yang dapat membantu mempertahankan gaya hidup yang lebih normal.

Meningkatkan Kesehatan Mata
Kernel atau tekstur biji jagung yang berwarna kuning mengandung zat Karotenoid yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula yaitu penurunan penglihatan di pusat garis mata. Beta Karoten membantu dalam memproduksi Vitamin A sehingga mendukung penglihatan menjadi lebih baik.

Mencegah Penyakit Kanker
Beberapa penelitian menunjukan bahwa antioksidan yang terdapat pada jagung dapat mencegah penyakit kanker yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, biji-bijian ini merupakan sumber senyawa tumbuhan seperti senyawa fenolik dan asam ferulik yang dapat mencegah tumor di payudara dan hati.

Tidak dapat disangka ternyata dalam tanaman jagung terdapat banyak manfaat bagi tubuh kita yang selama ini kita butuhkan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh. Bahkan banyak yang meremehkan tumbuhan jagung hanyalah makanan desa yang tidak banyak disukai oleh orang. Namun, dari tumbuhan inilah kita dapat mendapatkan manfaat tunuh seperti yang ditulis diatas. Bahkan masih banyak manfaat lainnya yang dapat anda peroleh manfaatnya dari memgkonsumsi jagung. Budayakan hidup sehat dengan konsumsi jagung.