Selasa, 12 Maret 2019

MAU TAHU TENTANG VITAMIN A DAN FUNGSI VITAMIN A??


Vitamin A adalah salah satu unsur gizi yang harus ada dalam tubuh. Vitamin A dikatakan harus ada dalam tubuh kita, karena memiliki fungsi yang sangat penting sekali bagi kesehatan, namun sayangnya vitamin A tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh manusia, melainkan harus melalui konsumsi makanan sehat dari sayuran atau buah yang mengandung vitamin A itu sendiri. Nah, perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan yang mana sari makanan itu dibutuhkan oleh tubuh, jangan sembarangan dalam memilih makanan sehingga menjadikan hal tersebut sia-sia, jadi harus selektif juga dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi nantinya.

Beberapa manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh manusia ini adalah:

1. Menjaga kesehatan mata

Dalam kesehatan, vitamin A sangat dibutuhkan untuk indra penglihatan, yang mana nantinya vitamin A ini akan bertugas untuk mengubah cahaya yang ditangkap mata menjadi impuls listrik yang nantinya akan dikirimkan ke otak. Sehingga akan dirangsang otak dan diolah menjadi daya ingat yang memberikan ingatan tentang apa yang dilihat.

Jika kekurangan vitamin A biasanya akan mengalami rabun senja, yang merupakan gejala awal kekuragan vitamin ini. Hal tersebut dapat terjadi karena mata tidak dapat menangkap cahaya dengan baik akibat dari kekurangan bahan penyusun rhodopsin, yang mana vitamin A ialah komponen utama yang menghasilkan pigmen rhodopsin.

2. Memperkuat imun

Imun tubuh yang kuat akan membuat tubuh kita lebih kebal terhadap serangan virus penyakit yang sewaktu-waktu dapat menyerang. Apalagi jika ditengah-tengah kesibukan yang amat padat, tiba-tiba tubuh terasa lelah atau tidak kuat lagi  lalu sampai tidak sadarkan diri itu menandakan imunitas tubuh kita lemah. Dalam hal ini vitamin A berperan dalam produksi dan kinerja sel darah putih untuk membantu menyerang pathogen asing yang masuk kedalam tubuh.

3. Mencegah jerawat membandel

Nah, bagi kamu yang sering jerawatan, jangan khawatir. Pertama perlu kamu ketahui, bahwa kekurangan vitamin A dapat menimbulkan minyak berlebih pada permukaan kulit kita yang nantinya bisa menimbulkan jerawat juga disekitar kulit wajah, maka dari itu asupan vitamin A harus selalu tercukupi dengan takaran yang pas sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat pada kulit cantikmu.

4. Kesehatan tulang juga perlu vitamin A

Vitamin D dan kalsium memiliki peran penting dalam kesehatan tulang, namun vitamin A tidak kalah juga, karena dalam penelitian yang dimuat dalam penelitian International journal of Environmental Reseacrch and Public Health, bahwa orang yang memiliki asupan vitamin A dengan baik mendapatkan resiko patah tulang lebih rendah daripada orang yang kekurangan asupan vitamin A dengan baik.

Begitulah beberapa manfaat vitamin A bagi tubuh kita, kesehatan memang tidak bisa kita prediksi dengan baik, namun tidak ada salahnya jika bersiap siaga untuk selalu menjaga kesehatan kita daripada cuek terhadap kesehatan tubuh keluarga kita. Salam Bunda hebat, see you next article . . .