Senin, 08 April 2019

PILIHAN TEPAT UNTUK DIET, JAGUNG APA KENTANG


Para bunda hebat yang sudah mengalami tubuhnya terasa melar atau pakaian pada sesak dibadan, pasti bingung untuk memilih yang mana yang terbaik untuk berdiet menggantikan nasi yang memiliki kadar gula tinggi. Sumber karbohidrat yang memiliki kadar gula yaitu nasi, meskipun tidak menutup kemungkinan besar jagung dan kentang yang akan digunakan sebagai pengganti nasi putih juga mengandung gula akan tetapi tidak sebanyak nasi putih dan sudah dari dulu digunakan sebagai pengganti nasi putih.

Nah yang terbaik untuk menggantikan nasi putih itu jagung apa kentang? Dilansir dari sindonews.com bahwa keterangan pers 100 gram jagung mengandung 366 kalori, 69,1 gram karbohidrat, dan 9,8 gram protein. Sementara 100 gram kentang mengandung 6,2 kalori, 13,5 gram kerbohidrat, dan 2 gram protein. Sudah tampak selisihnya dan keduanya tidak mengandung banyak gula sehingga lebih efektif untuk berdiet.

Namun apakah jagung bisa dikatakan lebih baik dari pada kentang utuk pengganti nasi ketika diet? Jagung dapat dikatakan lebih bisa karena sudah tercantum setiap 100 gram jagung lebih besar kalori dan karbohidratnya dibandingkan dengan kentang, sehingga akan lebih efektif untuk memenuhi kebutuhan energy dalam seharian. Ketika kita beraktivitas diluar ruangan ataupun didalam ruangan pasti membutuhkan energy lebih agar kita bisa focus dan semangat penuh sehingga dapat melakukan pekerjaan dengan cukup baik pula. Maka sangat penting kelengkapan gizi setiap hari.

Jagung juga mengandung banyak vitamin dan serat yang sangat dibutuhkan tubuh kita untuk beraktivitas sehari-hari. Jagung juga lebih mudah untuk didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau sehingga kalangan masyarakat menengah kebawah juga bisa secara rutin mengkonsumsi jagung setiap hari ketika mereka ingin diet.

Dalam sebuah studi di Harvard Medical School, nilai indeks glikemik dari 100 gram jagung adalah sekitar 46. Sedangkan 100 gram kentang memiliki indeks glikemik sebesar 78. Jagung juga memiliki indeks glikemik lebih rendah disbandingkan dengan nasi putih. Sehingga dalam mengontrol gula darah akan lebih baik dari pada nasi putih yang telah bertahun-tahun menjadi makanan pokok warga #Indonesia selama ini.

Meskipun lebih sehat dan lebih bisa mengontrol gula darah, kesehatan tetap tergantung pada pola hidup sehat kita. Asupan gizi akan lebih bermanfaat jika dibarengi dengan berolahraga secara rutin. Namun sekarang akan lebih mudah karena sudah dikemas secara instan oleh UD. Dua Putra mejadi ampok instan yang siap masak dimanapun anda berada. Sehingga tidak memerlukan waktu yang lama ketika proses memasaknya.