Selasa, 07 Mei 2019

TINGGALKAN MAKANAN INSTAN SELAMA BERPUASA


Selamat menunaikan ibadah bulan puasa 1440 Hijriyah. Selama berpuasa seharian penuh maka tubuh kita dipaksa untuk tetap kuat meskipun dalam kondisi perut kosong, sehingga asupan energi serta vitamin yang ada dalam tubuh kita harus tetap seimbang. Walau tubuh masih terasa kuat, dalam kondisi berpuasa akan ada banyak energi hilang dari tubuh kita sehingga menjadikan tubuh kita terasa lemas.

Baiklah, sekarang mari disimak sama-sama bagaiamana menjaga makanan yang baik untuk keluarga agar tidak salah kasih menu buka puasa dan sahur. Ketika berpuasa yang perlu diperhatikan adalah asupan mineral (air putih). Karena mineral yang mampu menjaga tubuh kita tetap segar tidak tampak lemas karena panas terik matahari selama seharian berpuasa. Untuk itu bisa dilakukan dengan minum air putih yang banyak, sebelum sahur minum terlebih dahulu, setelah sahur lebih banyak minum air putih, dan pada saat berbuka juga minumlah yang banyak. Dengan begitu tubuh akan selalu segar dan terasa pulih kembali. Selain mineral, juga dibutuhkan karbiohidrat sebagai sumber energi utama, yang nantinya akan diolah menjadi kaori dalam tubuh. Dalam hal ini ketika puasa sudah tinggal seminggu kebanyakan orang akan malas untuk masak sendiri dan lebih cenderung pada makanan instan yang dijual dipasaran. Padahal makanan tersebut boleh saja dikonsumsi namun kandungan gizinya tidak sama seperti masak sendiri dengan komposisi dan sayuran asli. Makanan instan jika masih mengandung bahan organic maka akan diperbolehkan, jika makanan instan yang mengandung banyak kimia seharusnya jangan terlalu sering mengkonsumsinya, apalagi dikonsumsi ketika sahur. Kandungan gizinya tidak dapat bertahan lama ketika berpuasa dan tidak dimasuki makanan apapun setelah itu. Bahkan untuk mengolahnya saja membutuhkan waktu lama hingga mampu dilebur dan diambil inti sari makanannya.

Jadi tidak semua makanan instan yang harus dihindari sehingga kandungan gizi keluarga berkurang, namun ada solusi lain, yakni tetap instan tai baik untuk tubuh. Tentunya produk herbal seperti nasi jagung dan makanan instan lainnya.
kenapa bisa So Pyur dikatakan masuk kedalam kategori makanan instan yang boleh dikonsumsi ketika puasa? Karena nasi jagung So Pyur ini terbuat dari jagung pilihan dan produk lokal, setelah itu diolah dengan sedemikian rupa sehingga memiliki tingkat kematangan yang sempurna, nasi jagung So Pyur juga mengandug gizi serta vitamin yang banyak, memang dari awal sebungkus nasi jagung So Pyur dirancang agar dapat memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya.

Nah berarti tidak semua makanan instan tidak bisa dikonsumsi ketika berpuasa, ada pengecualian produk apapun itu, asalkan berasal dari bahan organik yang memang aman dan mengandung banyak gizi dan vitamin.